Travelling

Destinasi Menarik Bali Utara Yang Wajib Kalian Kunjungi

12/23/2016Pradikta Kusuma


Jika aku berkata tentang Bali pasti hampir semua dari kalian pasti akan sudah familiar dengan nama Bali. Namun jika aku tanya, Ada apa aja sih di Bali? Pasti jawaban dari kalian semuanya akan sangat beragam. Bali itu Pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana, Nusa Dua, Tanah Lot, Sukowati dan lainnya itu. Namun sekali lagi jika aku berkata tentang Bali Utara bisa aku pastikan kalian akan sedikit kebingungan. Ada apa saja di Bali Utara?


Karena memang selama ini yang menjadi destinasi primadona Bali hanyalah pada sisi selatannya saja karena notabene dekat dengan ibukota Denpasarnya. Tapi tahukah kamu Bali itu sangat luas dan punya banyak surga tersembunyi di dalamnya dan masih sedikit orang tahu. Jangan hanya puas cuman mampir ke Pantai Kuta dan Legian saja cobalah sedikit beranjak menuju sisi utara Bali, kalian akan melihat bali dari sisi yang berbeda. Dan tentunya akan menjadikan liburan kalian seru Entah untuk traveling sendirian, berdua sama pacar, atau ramai-ramai bareng keluarga besar.

Berikut adalah beberapa destinasi yang wajib kalian datangi di Bali Utara

1.   Pantai Lovina
Awali petualangan kalian di salah satu destinasi paling terkenal di sisi utara Bali yaitu Pantai Lovina. Namanya begitu mendunia karena lautan di Lovina ini adalah habitat endemik dari Lumba Lumba. Jika kalian pecinta mamalia cantik nan lucu ini Lovina adalah destinasi wajib.

Pagi hari mulai dari jam 6 – 8 pagi adalah waktu terbaik untuk bertemu dengan Lumba Lumba. Dengan jukung kecil berkapasitas maksimal 6 orang kita akan mencari Lumba Lumba pagi hari itu. Ombak sangat tenang di lautan utara bali ini berbeda jauh dengan ombak di Selatan Bali yang terkenal ganas. Lumba lumba dapat kita temui sepanjang tahun karena memang mamalia satu ini endemik di perairan Lovina. Namun keberuntungan dan doa juga yang akan menentukan kita akan bertemu dengan Lumba Lumba.

Jukung dan Lumba Lumba saling bekejaran
Namun kali ini aku benar benar beruntung tak perlu waktu lama berlayar lumba lumba sudah menampakkan dirinya. Berenang beriringan satu sama lain mereka membentuk sebuah formasi yang seakan menyambut kedatangan jukung jukung kami. Perasaan takjub langsung datang menghinggapi, kamera pun terus membidik kawanan Lumba Lumba lucu ini.

“Woooooowww….” Tak terasa aku pun berteriak ketika ada beberapa Lumba Lumba yang menyajikan atraksi di hadapan jukung kami. Dia tampak melompat sambil berputar putar tepat di samping kapal. Sangat keren, ini pertama kalinya aku melihat lompatan Lumba Lumba liar di lautan lepas. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Hampir 90 menit jukung jukung yang ada mengikuti pergerakan Lumba Lumba yang nampak riang di pagi hari itu. Mereka seakan tak takut dengan kedatangan puluhan jukung yang mengejar, mereka pun seakan paham apa yang manusia cari. Lumba Lumba ini pun satu persatu mempertunjukan kemampuan melompat mereka di permukaan air yang membuat semua mata terperangah takjub melihatnya.



2.    Desa Pemuteran
Berjarak 1,5 jam ke arah barat dari Pantai Lovina tepat terdapat sebuah desa kecil bernama Pemuteran. Desa kecil ini saat ini mulai menggeliat menjadi sebuah desa wisata yang akan memanjakan para wisatawan. Banyak villa dan resort yang tersebar di bibir pantai desa pemuteran ini. Suasana tenang dan nyaman langsung terasa ketika menginjakkan kaki di bibir pantainya.

Pasir disini berwarna hitam dan tak seputih di Pantai Kuta. Bibir pantai sekilas melengkung membentuk sebuah teluk besar menjadikan ombak disini sangat tenang. Namun yang daya tarik utama dari Desa Pemuteran ini adalah keindahan bawah lautnya dan transplantasi karang menggunakan aliran elektrik.

Bio rock adalah salah satu spot penanaman terumbu karang dengan metode elektrik. “Bli Made” sang nahkoda perahu kami kala itu menerangkan jika plat plat besi yang dijatuhkan 2 tahun lalu itu kini telah banyak ditumbuhi karang karang hidup nan cantik di bawah permukaan sana.

Banyak sekali Sea Fan

Tak banyak membuang waktu aku dan kawan kawan yang lain segera menceburkan diri untuk melihat bagaimana keindahan yang ada di spot Bio Rock ini. Kedalamannya antara 2 – 4 meter saja menjadikan spot ini cocok untuk kegiatan snorkeling. Di dalam permukaan terdapat sebuah dome besi raksasa yang teronggok dan dipenuhi oleh karang karang hasil tranplantasi elektrik. Ikan ikan kecil pun nampak bergerombol diantara karang karang tersebut yang menandakan habitat yang ada baik.

Di spot kedua tak jauh dari Bio Rock terdapat sebuah gunungan karang raksasa yang sangat indah dan terdapat banyak sekali Sea Fan atau tumbuhan laut melambai lambai di berbagai sudut. Bak oase segar ikan ikan berbagai macam ukuran pun dapat dengan mudah kita jumpai. Visibilitas airnya pun nampak bagus dan sangat jernih.

Dan satu lagi spot yang unik di Pemuteran ini yaitu Pulau Gosong Pasir. Mungkin ini satu satunya Gosong Pasir di Pulau Bali. Hanya terlihat ketika air laut sedang surut saja dan menghilang ketika air pasang. Terletak persis di tengah lautan biru menjadikan Gosong Pasir ini spot foto yang sangat indah.


Gosong Pasir
Tips
  • Perahu banyak terdapat di Pantai Desa Pemutaran seharga 250 ribu.
  • Persewaan alat snorkeling banyak terdapat di jalur utama di desa pemuteran.
  • Jika tak mau repot ikut saja harga paket dari beberapa travel dan Tourist center yang tersebar di desa pemuteran.
  • Tidak adanya fasilitas untuk berganti pakaian dan bilas yang memadai. Kalian bisa menggunakan kamar mandi Masjid besar yang hanya satu satunya di Desa Pemuteran.



3.   Pulau Menjangan
Tak bisa di pungkiri jika tempat satu ini adalah salah satu spot bawah air paling indah di Bali. Bernama menjangan karena memang banyak rusa (menjangan) liar yang hidup di pulau tanpa penghuni ini. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat menjadikan pulau menjangan kawasan konservasi yang strategis dan biota laut yang ada relatif lebih terjaga. Bagi kalian pecinta keindahan bawah laut Pulau Menjangan adalah destinasi wajib bagi kalian kunjungi.

Pulau menjangan ini dikenal sebagai surga bawah laut yang memiliki wall diving terbaik di Bali. Pulau menjangan memiliki taman bawah laut yang sangat cerah dan penuh warna sekaligus kaya biota laut. Formasi palung yang dalam tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.  Di gua-gua kecil, kakap kecil dan batfish banyak terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan barrel sponges dan sea fans yang bahkan dapat mencapai ukuran yang sangat besar.  Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish.


Keindahan Bawah Laut Menjangan
Terdapat 2 titik cross point atau tempat kita bisa menyeberang menuju pulau menjangan, yang pertama di Labuan Lalang dan yang kedua adalah pelabuhan Banyuwedang. Kedua pelabuhan ini adalah pelabuhan resmi untuk kapal kapal yang akan menuju ke pulau menjangan. Sarana penunjang telah lengkap berada disini, Tarif pun telah ditetapkan oleh pihak pengelola jadi kita hanya tinggal mempersiapkan dana saja dan bersenang senang.


Haiii Nemo
TN Bali barat juga mempunyai beberapa kawasan yang memang di khususkan untuk tujuan komersial namun tetap ramah lingkungan. The Menjangan Resort yang terletak di seberang Pulau Menjangan ini mempunyai sebuah tempat yang memang sangat nature friendly. Bak seperti menyatu dengan alam yang ada resort mewah ini mempunyai beragam spot menarik di dalamnya. Salah satunya adalah Bali Tower, sebuah menara tinggi dimana kita dapat melihat 360 derajat keindahan TN bali barat dari ketinggian.

Pulau menjangan dari kejauhan pun terlihat jelas, perairan tenang selat bali pun nampak dengan indahnya, barisan pegunungan Ijen dan Raung nampak mengintip di balik mega. Suasana sangat tenang pun sangat memanjakan siapa saja yang datang berkunjung di Bali Tower.




4.   Air Terjun Sekumpul
Tak hanya laut saja yang kalian bisa nikmati di Bali Utara namun juga banyak juga spot indah bagi kalian para pecinta suhu udara dingin pegunungan. Kontur bali utara yang berbukit bukit memang banyak sekali menyimpan surga yang tersembunyi di balik bukit dan rimbun hutannya. Kabupaten seribu air terjun banyak orang menyebutnya seperti itu untuk Kabupaten Buleleng. Salah satunya yang paling indah dan wajib dikunjungi adalah Air Terjun Sekumpul.

“Belok ke kanan dulu aja ya” ujar mas galih semangat.

“Kita telusuri 7 air terjun disini, yang di kanan ini namanya Air Terjun Gerombong”

Ternyata tak hanya satu air terjun yang ada disini ada beberapa air terjun yang dapat kita kunjungi. Perjalanannya memang khas air terjun banget karena memang kita harus beberapa kali menyeberang aliran sungai yang segernya minta ampun. Jalur pun masih tanah dan bebatuan alami jadi masih terasa sangat nuansa adventurenya. Satu yang pasti ini seru.


Air Terjun Gerombong
Di tengah perjalanan banyak air terjun kecil yang keluar dari tebing tinggi di sebelah kiri. Sungguh tenang dan damai disini, gemericik air pun seakan mengajak kami untuk segera mencicipi kesegarannya. Suara deru air pun semakin kencang dengan langkah kita yang semakin menemui ujung dari setapak kecil berbatu ini. 3 aliran air terjun dengan ketinggian hampir sama sukses membuat kami terpukau. Debit airnya begitu deras, percikan air dimana mana dan seakan tempat ini diselimuti hujan abadi. Tak kuasa untuk menahan diri akhirnya kami mencoba untuk mengabadikan momen dan bermain air di air terjun Gerombong yang indah ini.

Berbalik arah dari Air Terjun Gerombong dan tepat di persimpangang jembatan kita ambil ke arah kiri kita akan menemui Air terjun yang bernama Sekumpul atau Lemukih. Seakan tak mau kalah dengan Air Terjun Gerombong, Sekali lagi kami terpana akan keindahan air terjun sekumpul. 2 buah aliran air menyatu menjadi satu dan membentuk sebuah tirai indah yang jatuh dari ketinggian. Debit air terjun sekumpul sangat deras, menderu nderu kencang seakan memperingatkan kita untuk lebih berhati hati untuk bermain air di bawahnya.


Air Terjun Sekumpul


5.   Danau Beratan Bedugul
Melihat gambar diatas pasti kalian sudah sangat familiar bukan? Ya itulah Pura Ulun Danu Beratan yang keindahannya sampai di abadikan di uang kertas pecahan 50 ribu rupiah. Keindahannya memang luar biasa dan tak bosan bosannya juga datang kesini walaupun sudah berkali kali datang. Apalagi jalurnya yang searah jika kalian dari Air Terjun Sekumpul dan akan kembali ke Denpasar, pastikan dulu untuk sekedar menikmati udara segar di Danau Beratan.

Daya tarik utama disini memang keberadaan Pura Ulun Danu yang begitu mempesona. Namun selain itu kalian bisa melakukan aktifitas lain di Danau beratan seperti menyewa perahu dan berfoto foto karena memang panorama landscape yang indah. Tak jauh dari Danau beratan ini juga terdapar Danau Buyan dan Tamblingan yang tak kalah indahnya, serta juga terdapat Kebun Raya Bali.


Puran Ulun Danu


6.   Desa Panglipuran
Pada dasarnya Bali tidak hanya menyuguhkan objek wisata berupa pantai atau wisata alam saja, namun juga wisata kebudayaan dan adat bali yang sangat kental dan patut kita kunjungi salah satunya adalah Desa Panglipuran. Menurut masyarakat sekitar, kata penglipuran diambil dari kata Pengeling Pura yang memiliki makna tempat suci yang ditujukan untuk mengenang para leluhur.

Keunikan ini membuat desa penglipuran sangat indah dengan kesimetrisan yang amat tertata rapi antara 1 rumah dengan rumah lainnya. Pintu gerbang di setiap rumah saling berhadapan satu sama lain yang hanya di batasi oleh jalan utama kecil di tengahnya. Jalan utama yang ada di desa penglipuran mengarah pada bagian utama desa yang berada di puncak paling tinggi.




Di sekitaran jalan utama desa ini, anda tidak akan menemukan sampah yang berserakan yang mengotori tempat ini walaupun banyak pepohonan yang tumbuh disekitaran jalan. Justru sebaliknya, jalanan ini sangatlah bersih. Jadi jika kalian berniat membuang sampah di kawasan ini, berfikirlah seribu kali untuk melakukannya. Selain itu disetiap sudut desa ini akan ada banyak bak sampah yang disediakan untuk menampung sampah.

Dan hal menarik lainnya adalah kebanyakan dari rumah tersebut menjajakan beragam jajanan dan menu bagi para wisatawan. Para pemilik rumah banyak yang mengajak dan mempersilahkan tamu masuk ke halaman rumah mereka, kalian bisa menikmati sajian khas panglipuran dengan suasana khas rumah adat Bali.

Desa Panglipuran juga mempunyai Hutan Bambu yang sangat luas yang berada di belakang desa. Begitu masuk ke Hutan bambu ini suasana segar langsung menyergap. Mungkin karena sangat rimbunnya bambu yang tumbuh dan juga karena bambu adalah tumbuhan penghasil oksigen terbanyak. Berjalan jalan di tengah hutan bambu ini begitu menyenangkan. Apalagi jika kalian bekukan dalam frame foto, pasti membuat instagram kalian makin keren.



Jadi bagaimana tertarik berkunjung ke Bali Utara? Diatas hanya mungkin hanya 6 destinasi saja yang aku katakan wajib namun sebenarnya masih tersebar beragam destinasi menarik lainnya yang saat itu belum sempat aku kunjungi.

Atau dari kalian kalian sudah sering ke Bali Utara dan tahu tahu tempat tempat menarik lainnya. Bisa dong ditulis dikolom komentar, siapa tahu bisa menjadi destinasi berikutnya J


Dan berikut ada sedikit video pendek ketika menjelajah Bali Utara. Semoga lebih membuat gambaran lebih tentang keindahan yang ada disana.



You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Followers

Contact Form