Mountaineering

Gunung Batu

5/07/2015Pradikta Kusuma


Gunung ini tidak tinggi, hanya ratusan meter saja ketinggiannya dari permukaan laut, tak perlu membawa keril atau perlengkapan pendakian yang lengkap karena pendakian hanya perlu paling lama 1,5 jam saja dari kaki gunung, itupun dengan berjalan santai dan berfoto foto ria. Tapi dengan semua (kemudahan) itu jangan lantas meremehkan gunung satu ini. Karena Gunung Batu menawarkan yang tak dimiliki gunung lainnya.

Sebelum kalian membaca tulisanku kali ini, Video dibawah ini mungkin bisa sedikit menggambarkan seperti apa Gunung Batu. Footage video ini aku ambil di sela sela pendakian di gunung batu yang kemudian aku rangkai menjadi sebuah video pendek yang bisa kalian saksikan di bawah ini.



Mendengar kata Gunung Batu mungkin bagi kalian yang berdomisili di Jabodetabek sudah tak asing lagi atau bahkan terkesan mainstream, karena akhir akhir ini Gunung Batu menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi oleh para pecinta ketinggian. Aku tulis ini hanya untuk menambah referensi perjalanan atau tepatnya racun bagi kawan kawan di luar Jabodetabek yang belum mengetahui tentang Gunung Batu.

1.        Jarak Yang Dekat

Jarak yang bisa dikatakan tak jauh dari Ibukota Jakarta, hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam saja. Kalian bisa menggunakan mobil ataupun motor karena jalan yang cukup baik hingga ke kaki Gunung Batu. Untuk petunjuk arah yang jelas bisa kalian baca arah arah ini, yang aku kutip dari sebuah Blog INI (Baca tulisan lengkapnya)

  •  Jika dari arah Cibinong, Cibubur, Bantargebang maka ambil arah ke Cileungsi.
  •  Setelah berada di Flyover Cileungsi, maka anda harus mengarah ke Jonggol melalui tempat wisata MEKARSARI dan Perum. Citra Indah.
  • Ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan yang ada tugu BOGOR BERIMAN dan disana ada penunjuk arah ambil ke araha Cariu/Cianjur. atau belok kiri di pertigaan tersebut.
  •  Setelah kurang lebih 5 Km  ada pertigaan lagi namanya pertigaan Mengker . Letaknya dikanan jalan dan berdampingan dengan Minimarket alfamart dan Sekolahan.
  • Segera anda belok kanan dan telusuri jalan tersebut tanpa harus belok-belok sejauh kurang lebih 20 km.. 
  • Sampai akhirnya, anda akan melihat gunung batu tersebut pertanda akan segera sampai.
  • Jika sudah dekat, maka fokukan penglihatan anda ke penunjuk jalan, namanya " Jalan Gunung Batu" letaknya dikanan jalan.

  • Maka sampailah kita di kaki Gunung Batu ditandai adanya tempat parkir dan warung warung, persis di bawah gunung batu.
  • Titipkan kendaraan anda di parkiran tersebut, Insya Allah aman.
  • TAMBAHAN Jika anda bingung dan ragu akan rute kesana, jangan sungkan untuk tanya ke penduduk sekitar. Insya Allah, tidak akan disesatkan.

2.        Waktu Pendakian Singkat

Hanya butuh waktu 1 – 1,5 jam untuk sampai di puncak Gunung Batu, karena ketinggiannya yang tak seberapa. Kalian bisa berjalan santai sambil mengabadikan momen yang ada di hadapan. Aku sarankan mendaki ke gunung ini pada waktu pagi atau sore hari, karena pada saat siang hari suhu udara sangat panas di tambah dengan keadaan gunung yang minim pohon pohon tinggi sehingga sinar matahari bisa sangat terik.

Panas Terik


Tak perlu juga kalian membawa perlengkapan pendakian yang sangat lengkap, jaket tebal dan logistik untuk 4 hari. Cukup dengan daypack berisi air minum sebotol kalian pasti akan sanggup menggapai puncak Gunung Batu. Kecuali bagi kalian yang berminat untuk camp ceria, kalian pastinya harus membawa perlengkapan camping dll. Lahan untuk membuka tenda ada di pertengahan jalur menuju puncak, disana ada lahan datar yang cukup untuk menampung sekitar 10 tenda. Tak ada sumber air di Gunung ini jadi kalian harus mempersiapkan semua dari bawah.

3.        Pemandangan Menakjubkan

Ini satu poin yang tak bisa aku pungkiri turut mendongkrak popularitas Gunung Batu. Karena dengan semua kelebihan yang aku tuliskan diatas maka akan ada bonus sekali lagi yaitu pemandangan yang sangat menakjubkan. Di puncak gunung batu yang terbuka tanpa pepohonan tinggi satupun menjadikan view yang sangat indah, kita dapat memandang 180 derajat ke semua arah.

Puncak Gunung Batu

Ada beberapa puncak dengan ketinggian berbeda yang dipisahkan oleh tebing tebing. Jika cuaca sedang bersahabat maka akan tampak hijau pemandangan pegunungan di depan mata, deretan pegunungan pancar bogor hingga jauh disana sedikit mengintip Gunung Gede Pangrango yang menjulang gagah. Tampak rumah rumah dibawah berwarna warni bak atap rumah permainan monopoli.



Rerumputan hijau di sekeliling puncak menambah keindahan Gunung Batu itu sendiri. Tebing tebing kokoh tampak menjadi pemanis semua semua sajian pemandangan di sekelilingnya. Instagramable , adalah sebutan yang pas untuk Gunung Batu bagi anak anak kekinian. Ya bagaiamana tidak, di setiap sudut puncak sangat pas untuk diabadikan dalam sebuah frame foto. Yang kemudian sangat pantas untuk kalian upload di lini massa kepunyaan kalian.





***

Memang benar Gunung Batu memiliki banyak kelebihan di banding gunung gunung lainnya ditambah dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Tapi dibalik semua itu kalian juga harus tetap waspada untuk berkunjung kesini, karena apapun yang bernama pendakian itu pasti beresiko dan bukan main main.

4.        Jalur Pendakian Yang Cukup Menantang Adrenalin

Diantara semua kelebihan Gunung Batu terselip satu hal yang sangat krusial yaitu berkaitan dengan keselamatan. Kenapa? Karena gunung batu ini mempunyai jalur yang dapat aku katakan cukup berbahaya.

Kontur gunung yang langsung menjulang tinggi dan berbatu cadas menjadikan jalur menuju puncak sangat terjal dengan kemiringan 45 – 60 derajat bahkan di beberapa titik kita harus scrambling untuk tetap bergerak keatas. Batu batu pijakan pun rawan untuk terlepas.

Tanjakan Terjal



Kanan dan kiri langsung berbatasan dengan jurang yang menganga lebar, siap menanti kita yang lalai atau salah dalam melangkah di atas puncak. Kondisi puncak yang cukup sempit, hanya berupa dataran memanjang dengan lebar 1,5 – 2 meter saja. Aku pun sempat berfikir jika puncak Gunung Batu ini pantas untuk dinamai Puncak Sirotolmustakim. Karena puncak kecil ini diapit jurang kanan kiri entah berapa ratus meter jika kita terjatuh kebawah.

Sirothol Mustakim

Sekitar 2 bulan yang lalu aku kesini masih belum ada tali pengaman ataupun webbing yang terpasang sebagai pengaman para pendaki di puncak. Kita harus tetap waspada dalam melangkah ataupun saat berfoto ria diatas sana.

Faktor cuaca juga sangat berpengaruh, karena puncak yang gundul akan sangat rawan kita tersambar petir saat cuaca kurang bersahabat dan jalur yang licin rawan membuat kita terpeleset dan terjatuh ke dalam jurang.

Hati Hati Dalam Melangkah

Dan bahkan beberapa minggu yang lalu ada kejadian, Andri Cahya Nugraha (23), pendaki asal Cileungsi terpeleset dan terjatuh ke dalam jurang yang kemudian meninggal. Dari kejadian ini, ada pelajaran berharga yang tidak boleh kita abaikan. Kita gak boleh jatuh ke lubang yang sama. Boleh kita menikmati alam, bersenang senang diatas ketinggian gunung tapi jangan mati konyol karena suatu hal yang seharusnya bisa kita kontrol dan antisipasi.
Ingat, keberhasilan sebuah pendakian bukanlah ditentukan dari seberapa cepat kamu sampai ke puncak, melainkan bilamana kamu kembali dengan selamat.





You Might Also Like

19 komentar

  1. Entah karena aku anaknya kurang hits atau gimana, gunung ini aku daki akhir Maret kemarin dan aku nggak mau kesana lagi. Selain adegan nyasar berjam-jam, aku suka mual kalo liat gunung botak tanpa pohon. Jalur panas, kanan kiri jurang, intinya mah aku lebih suka ke Cikuray daripada kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kamu phobia ketinggian intinya, atau takut kesamber petir?
      Tapi emang gunung batu bahaya sih, rawan terjatuh..menurutku

      Delete
    2. Gunung botak....... Hi hi hi. Jadi penasaran pengen kesana

      Delete
  2. Nice !!
    terima kasih sudah berbagi info tentang keindahan gunung batu

    ReplyDelete
  3. infonya sangat menarik...
    mantap...

    ReplyDelete
  4. Kalo mau kesana langsung naek aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parkir kendaraan trus Langsung naik aja mbak

      Delete
  5. Ok makasih infonya hehe... Besok mau nyoba, semoga naik turun dengan selamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Sama sama mbak, thanks udah mampir

      Delete
  6. Videonya AMAZING.... backsoundnya APA ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat di versi youtubenya bang, lagunya Coldplay - Up in Flame

      Delete
  7. minta koordinat lokasi maps gunungnya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake gps aja broo, gunakan penduduk sekitar, hehehe

      Delete
  8. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  9. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  10. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Contact Form