Mountaineering

Gunung Cikuray - Pendakian Dengkul Ketemu Dada

3/13/2014Pradikta Kusuma


Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang terdapat di Kabupaten Garut yang memiliki ketinggian 2845 mdpl yang merupakan tanah tertinggi di kabupaten yang berjuluk Swiss Van Java ini. Bentuk yang hampir menyerupai kerucut sempurna jika dilihat dari pusat kota garut, sudah cukup untuk membuat darah para petulalang berdesir untuk segera mengunjunginya. Disekitar gunung ini pun mempunyai banyak panorama alam yang sangat indah dan layak untuk kita kunjungi.

Setelah pendakian pertama di Tanah sunda yaitu di Gunung Papandayan dahulu, kali ini saya mempunyai keinginan untuk menjejakkan kaki di tanah tertinggi Kabupaten Garut yaitu Gunung Cikuray. Awal keinginan mendaki gunung ini pun bisa dibilang tidak sengaja dan mendadak. Rencana ini berawal dari ajakan adik tercinta Si Fita dari Surabaya yang ingin sekali mencoba yang namanya mendaki Gunung. Saya pun berjanji untuk mengajaknya dan memilih Gunung Papandayan dikarenakan medan yang mudah dan sangat cocok untuk para pendaki pemula. Tetapi hal tidak terduga adalah seminggu sebelum pendakian status Gunung Papandayan dinaikkan menjadi waspada dan ditutup total untuk semua kegiatan pendakian. Tiket kereta tujuan Jakarta telah dibeli oleh Fita, kepalang tanggung saya pun mencari alternatif gunung lainnya. Pada awalnya saya memilih Gunung Gede Pangrango, tetapi berhubung masih dalam jadwal rutin penutupan January sampai maret maka akhirnya saya pun melirik Gunung Cikuray ini. Rasa sangsi pada awal melakukan pendakian gunung ini, dari banyak info yang saya dapatkan Gunung Cikuray mempunyai trek yang cukup sadis. Apalagi saya membawa newbie dalam hal pendakian, tetapi dengan banyak pertimbangan akhirnya pendakian ini pun terlaksana dengan anggota tim yang cukup banyak. Saya, Fita, Ferdy, Ibo, Reza, Ika, Septi, Ridwan, Fahmy, Imam. Catatan perjalanan ini juga saya rangkai menjadi sebuah ebook singkat yang bisa kalian lihat DISINI

Untuk mencapai trek awal pendakian Gunung Cikuray kita harus menuju pos Pemancar yang ada di tengah perkebunan teh di daerah Cilawu, Garut. Opsi pertama, Kita bisa naik angkot dengan jurusan Cilawu dan turun di pertigaan Kebun Teh. Bilang saja ke sopir angkot pasti mereka sudah paham. Dari pertigaan kita bisa menaiki ojek hingga pos pemancar di kaki gunung Cikuray.

Opsi Kedua, kita bisa menyewa angkot atau pick up yang ada di terminal Garut. Opsi ini yang kami lakukan dalam pendakian kali ini. Tawar menawar cukup sengit kami lakukan demi mendapatkan harga yang seEfisien mungkin. Harga pun ditetapkan 300 ribu untuk 1 angkot yang akan mengantarkan kita hingga pos pemancar, DEAL. Tas karung pun kita letakkan di atas angkot. Tak beberapa lama angkot pun meluncur meliuk liuk menelusuri jalanan. Hampir sejam berjalan kami tiba di perbatasan kampung dengan perkebunan teh. Disini pun kejadian agak ganjil kami alami, sang sopir angkot tampak kebingungan mencari jalan mencapai pemancar. Angkot berputar putar saja, saya pun agak keheranan kenapa sopir ini sekilas tampak bingung. Dan tak disangka sangka kamipun diturunkan di perbatasan kebun ini. Ibo selaku ketua pendakian pun langsung tampak berdiskusi akan masalah ini, tetapi sang sopir tetap tidak mau melanjutkan perjalanan menuju pemancar dengan berbagai alasan. Akhirnya emosi saya pun terpantik, sumpah serapah saya lontarkan ke sopir dan kenek angkot. Kamipun hanya membayar setengah harga dari kesepakatan. Awalnya sopir pun tidak mau tetap meminta harga penuh, tapi karena kami diturunkan di tengah jalan dan kamipun tidak terima. Daripada kami bakar itu angkot laknat kamipun segera meninggalkan angkot dengan rasa amarah.


Angkot Laknat
Catatan : Untuk menuju pos pemancar dengan mencarter kendaraan, alangkah baiknya mencari kenalan kendaraan yang benar benar sanggup mengantarkan ke pos pemancar. Jangan terlalu mudah percaya dengan tawaran calo angkot di Terminal Guntur. Atau bisa PM saya saja untuk info kontak carter kendaraan yang dapat dipercaya.

Setelah mengalami yang kurang mengenakkan tersebut kami pun dengan terpaksa harus berjalan kaki menuju pos Pemancar. Lampu kelap kelip Pos Pemancar Nampak dekat di perbatasan kebun tempat kami meninggalkan angkot, tetapi menurut Ibo jarak tempuh lumayan jauh kira kira 2 jam berjalan kaki. Mental sempat turun ketika Ibo mengatakan hal tersebut, tapi mau bagaimana lagi. Akhirnya kita pun melanjutkan perjalanan dengan berat hati. Langkah demi langkah hingga sinar mentari pun muncul. Pemandangan menakjubkan pun tersaji sepanjang perjalanan di tengah kebun teh.


Sunrise Pagi
Kebun Teh
Puncak cikuray pun tampak gagah beriring dengan cuaca cerah pagi itu. Di tengah kebun kami pun sempat kehilangan arah. Karena jalan raya tampak semakin menjauh dari pemancar, tetapi dengan tekat tangguh kita pun berjalan menyusuri bukit dan berujung dengan lereng vertikal dengan kemiringan 60 derajat. Dengan keyakinan penuh kami pun melaluinya, yang menurut saya ini mirip dengan trek mahameru bedanya yang ini bukan pasir melainkan tanah gembur yang mudah sekali longsor. Diujung bukit kami bertemu lagi dengan jalan aspal yang tadi menjauh, dari sini pos pemancar sudah sangat dekat. Sekitar 15 menit berjalan akhirnya kita pun tiba di pos pemancar. Perjuangan sangat berat, kami pun kelelahan di pemancar.


Gunung Cikuray Menyapa
Tanjakan Potong Jalur


Pos Pemancar

Baru sampe pemancar saja kami semua sudah cukup kelelahan pikirku. Bagaimana jika nanti kita melewati trek sesungguhnya mendaki gunung Cikuray ini ??, semoga kita semua diberi kekuatan dan kelancaran. Kira kira tepat pukul 10 pagi melangkah ke jalur utama pendakian. Trek pertama membelah perkebunan teh yang kemudian jalan akan bercabang 2. Pilihlah arah kanan karena jika mengambil arah kiri maka kita akan melewati perkebunan dengan trek yang lebih terjal dan mungkin pun kita bisa tersesat diantara ladang penduduk. Selepas ladang kita masuk di batas hutan. Trek dari sini mulai menanjak dengan kondisi yang licin apabila hujan sedang mengguyur. Dari sini kita semua sudah tampak kelelahan, berjalan perlahan lahan dengan sisa semangat yang telah dihancurkan oleh angkot laknat.


Trek Awal
View Pos Pemancar Dari Atas

Akhirnya kita tiba di pos 1 setelah berjalan kurang lebih 60 menit. Kita disini sempatkan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Setelah dirasa cukup kami pun melangkah kembali, kali ini trek semakin menantang dengan tanjakan tanjakan yang cukup membuat dengkul kendor. Beberapa kali beristirahat untuk memulihkan tenaga. Berjalan hampit 60 menit kami tiba di Pos 2. Di pos 2 ini terdapat pipa air yang bisa digunakan oleh para pendaki. Selepas pos 2 trek tetap di bawah kanopi pohon pohon besar sehingga tak perlu takut kulit hitam terpapar sinar matahari, hehehe. Trek juga semakin aduhai dengan kemiringan yang lebih ekstrim. Terkadang kita pun harus semi reppeling dengan berpegangan akar akar pohon yang menjuntai untuk terus bergerak maju, bahkan kalo saya bisa menyebutnya dengan trek 3D (Dengkul ketemu dada ketemu dagu). Kami pun semakin banyak beristirahat di trek yang kejam ini, 10 langkah berjalan 10 menit beristirahat. Bahkan si Ika dan Abi sangat sering tiduran di tengah jalur, bahkan bagi para pendaki mungkin mereka ini bagaikan polisi tidur di tengah jalur, hahaha.


Jalur


90 menit berjalan kami akhirnya tiba di pos 3. Pos yang tidak terlalu lebar tapi bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda. Kami tetap melanjutkan perjalanan karena tujuan kami awal adalah puncak. Karena hanya puncak Cikuray yang terdapat banyak spot untuk mendirikan tenda. Berhubung kami membawa banya anggota akhirnya diputuskan untuk para porter kulkas yang membawa tenda untuk segera melangkah cepat dan mendirikan tenda dipuncak. Karena kaki saya tidak kuat berjalan cepat akhirnya saya lebih memilih untuk mencari alibi menemani anggota wanita dengan menjadi penyapu ranjau di belakang, hahaha. Tim kaki dewa pun melesat jauh meninggalkan kami tim kaki polio. Ditengah perjalanan kami sempatkan untuk memasak mie instan tepatnya di pos 4. Perut yang berbunyi dan kaki yang lemas kehilangan tenaga sudah tidak dapat ditolerir.

Para Wanita Perkasa
Narsis Tetap Berlanjut

Setelah acara masak memasak kami akhirnya berjalan kembali, tak berapa lama kami pun tiba di pos 5 atau puncak bayangan. Di pos ini berupa tanah datar yang cukup luas, para pendaki pun sering mendirikan tenda di puncak bayangan sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Dari pos 5 ini tampak jelas puncak cikuray dikejauhan. Dari sini pun saya sempat membayangkan betapa aduhai trek yang akan saya lalui kembali. Waktu yang semakin sore kami pun segera bergegas berjalan kembali. Dan benar saja tak jauh dari Pos 5 trek gila sudah menguji fisik dan mental kita. Menurut saya ini adalah trek tersulit selama pendakian ini, trek berupa jalanan sempit sangat curam banyak akar akar pohon menghalangi kita. Bahkan ada beberapa bagian yang saya tidak melaluinya sendiri, apalagi dengan membawa kulkas bertuliskan 70 liter ini. Tampak di depan saya tanah hampir 1,5 meter menghadang, harus dengan bantuan tangan anggota lain untuk melewatinya.


Puncak Cikuray Dari Pos Puncak Bayangan

Di tengah jalan matahari semakin redup dan gelap selang beberapa menit hujan deras langsung mengguyur tubuh kami. di tengah hujan trek berubah bak sungai dengan arus deras dengan airnya yang sangat dingin. Ujian sekali lagi dalam pendakian kali ini, tapi ya dinikmati saja. Tak beberapa lama saya pun bertemu dengan Ibo yang tampak kebingunan mencari spot mendirikan tenda. Saya pun penasaran karena rencana awal langsung kepuncak tapi kok Ibo malah mendirikan tenda di jalur datar yang sempit ??. ternyata menurut hasil survey Ibo pelataran di puncak telah penuh dengan tenda lainnya, akirnya kita pun terpaksa memasang 3 tenda di tanah yang sangat sempit ini. Dalam guyuran hujan akhirnya 3 tenda kami pun berdiri. Tak banyak yang kami lakukan malam yang ditemani hujan ini. Masak masak kecil dan langsung masuk kedalam kantung tidur masing masing.
Jika mendaki Gunung Cikuray dan berniat untuk mendirikan tenda alangkah baiknya untuk segera cepat mencapai puncak sebelum malam karena ketersediaan lahan mendirikan tenda yang terbatas. Terlebih lagi jika saat Weekend dan musim pendakian.
Tenda Pun Harus Berhimpitan

Alarm satu persatu berbunyi, berat untuk membuka mata sebenarnya. Tapi matahari pagi akan sayang jika kita lewatkan. Segera bersiap siap kamipun melangkah kembali dalam subuh yang dingin itu. Jalan sudah landai hanya dengan beberapa tanjakan saja. tak sampai 15 menit kami tiba di puncak Gunung Cikuray, puncak ditandai dengan pos bertuliskan Puncak Cikuray. Di puncak ini pun tampak ramai denga beberapa pendaki yang telah bangun dari mimpi mereka.


Keramaian Pagi Itu
Tampak horizon cakrawala membelah tepat setelah mentari muncul dari peraduannya. Awan awan tampak berarak di bawah kita. Sungguh pagi yang luar biasa, doa kecil pun saya panjatkan “Alhamdulillah aku bisa hidup di negeri yang sangat indah ini”, bergetar rasanya setiap dapat menginjakkan kaki di tanah tertinggi. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang akan engkau dustakan.

Puncak Cikuray

Pagi Yang Menakjubkan

Di puncak Cikuray kita dapat melihat Gunung Papandayan yang selalu mengeluarkan asap dari kawah aktifnya. Disebelah barat tampak Gunung Guntur Masigit, dan juga Nampak kecil dikejauhan Ciremai yang gagah. Sungguh pagi yang sangat menyenangkan apalagi dapat menikmati dengan teman teman asik serta salah satu anggota keluarga tercintaku, adek Fita dan Ferdy. Mungkin ini pengalaman pertama mereka naik gunung yang tak akan terlupakan selamanya oleh mereka berdua. Terima kasih untuk kalian semua dan jangan pernah lupakan setiap langkah perjalanan yang telah kita lalui bersama sama. Salam sehat bebas polioooo….woyooooooooooo.


Gunung Papandaya Di Seberang Sana

Lautan Awan

Semoga Pendakian Pertama Ini Selalu Terkenang Untuk Kalian Adik Adiku


You Might Also Like

148 komentar

  1. mantab.....ijin mengutip...makasih sebelumnya..salam rimba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, asal jangan lupa link sumber asalnya :)

      Delete
    2. ajibb cerita yng seru dg n gmbar disetiap ceritanya...

      Delete
    3. Manafssss,,,,,,,Ijin share

      Delete
  2. boleh minta CP untuk carter transport ke pemancar mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Abun 0853 23424822
      Unank 085 720 42 46 44 (748F2E69) --->> Basecamp Depan Terminal Garut (Belakang Alfamart)

      Delete
  3. mantap! cucok! kece! keren! bikin ebook bareng yok! hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ebook tentang apa dulu mas? hehehehe

      Delete
  4. Pedes banget emang cikuray udah fix

    ReplyDelete
  5. mau nanya bang, kalo mau nanjak cikuray jalannya jelas apa masih rabun rabun bang? oh iya 1 lg. CP pak abun sama unank masih aktif kah bang??? thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur sampe puncak sudah jelas bang.. Untuk aktif atau tidak langsung di call aja bang :)

      Delete
  6. Nice artikel masbrow. Buat referensi pendakian sabtu ini. Terimakasih infonya... salam rimba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas :) ... Salam sehat bebas polioooo..

      Delete
  7. Rencananya tgl 24 saya mau kesana mas, mohon petunjuknya apalagi dengan transportnya klo dari terminal garut ke pemancar. Budget normalnya brp gitu kalo sama pak unang/pak abun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga naikn ojek mas. Untuk biaya langsung saja hubungi cp di atas

      Delete
  8. you're all rock! indah bangettt

    ReplyDelete
  9. biasa ny rata2 brpa rupiah carteran ke pemancar? mksh sblm ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 250 - 350, itu harga tahun lalu dan tergantung nego

      Delete
  10. jumat besok ane muncak lagi ke cikuray bang, ya semoga ga ketemu sama angkot laknat itu hahaha

    ReplyDelete
  11. Keren Min Sumpah mudah''an CP nya bisa mermanfaat terutama buat saya yg bentar lagi Trip ke Mt.Cikuray ;;) heheuhue.
    #salamlestari min #salamsatucangkir
    @iqbalbaihakii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat :), salam lestari.

      Delete
  12. Kang punten , rencananya saya sama teman2 mau naik kecikuray , kita udh dapat bayangan dari jakarta ke garut , dari terminal garut mohon petunjuknya kang . Rencananya kita abis lebaran tanggal 30 berangkatnya , sebelumnya trima kasih kang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari terminal garut bisa carter angkot, tapi kebanyakan mereka tidak mau ngantar sampe pos pemancar dan hati hati tertipu. Mending carter mobil atau lainnya dengan kontak yang saya tulis diatas, semoga nomer masih aktif semua.

      Delete
  13. Kang mohon di bantu.
    Kalo bisa nanti saya kontek akang?
    Contac person nya saya save semua kang yg di atas.
    Terimaksih

    ReplyDelete
  14. mau share juga. kalau mau ke pemancar, lebih enak naek colt terbuka. harga per kepala 40rb minimal 10 orang udah ga bisa turun dan itu sampe pos pemancar (pengalaman ke cikuray bulan juni kemarin). treknya dahsyat tapi kebayar lunas sama pemandangan pagi di puncak gunung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya mas :). trek cikuray memang kejam tapi dibalik semua itu terdapat keindahan yang tiada tara.

      Delete
  15. Mantabz ini artikel bacaan'a,,bermanfaat buat pencinta alam lain'a...mantab brooo..

    ReplyDelete
  16. makasi mas atas share catpernya.banyak tips n poto..rapih lagi.rencana saya mau treking juga bulan agustus kesana.nice share!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas :), semoga lancar pendakiannya

      Delete
  17. denganpendakian normal, berapa jam dari pos pemancar ke puncak kang,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 - 8 jam tergantung fisik masing2 sih, kalau kita mah polioo bisa seharian :p

      Delete
  18. ada rencana muncak, tp cuma berdua, dari majalengka, ke bandung ke garut,,, aapakah aman,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok gunungnya, yang agak riskan sih cuman lapak mendirikan tenda di puncak yang terbatas

      Delete
  19. kang ni tgl 15-17 mau muncak cikuray..yokk gabung kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti rame banget tuh bang, cari tgl lain aja yokkk

      Delete
  20. Mas, saya ada rencana ke sana bulan depan, mau tanya butuh berapa lama atau hari sampai di puncak nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari saja cukup kok, cuman 6 - 8 jam tergantung fisik masing masing

      Delete
  21. Utk gunung cikuray ini apakah harus pakai surat jalan utk naeknya apa bagaimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu ijin2 atau apa bang, tinggal bayar registrasi aja di pemancar.

      Delete
  22. tolong infonya mba kalo naik kereta dari bekasi atau jakarta ke garut, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mbak2 ini, punya jenggot kok :p

      Delete
    2. WAH IYA SALAH FOKUS MAAP HAHAHA, gimana rute keretanya ada gak ya kalo dari bekasi?

      Delete
    3. Tidak ada jalur kereta ke Garut, paling gampang ya naik Bus.

      Delete
  23. Kak mau tanya, saya masih newbie buat mendaki, pernah mendaki ke bukit di sekitar Bandung aja, kira-kira untuk ke Cikuray aman gak yaa ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ke papandayan aja lebih aman dan nyaman. Kalo cikuray treknya nanjak tajam, lebih untuk yg experd

      Delete
    2. Ooh gitu ya makasih infonya. This is a great blog btw ! ^^

      Delete
  24. bro, bole minta contactnya gk?
    rencana akhir agustus mau ke sna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak angkutan kan udah ada di atas brooooo

      Delete
    2. bkn kontak angkutan. kontak mas pradikta maksudnya.

      Delete
    3. Pm di twitter atau fb saya saja mas, tinggal klik panel sosmed saya di samping --------->>>

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. misi bang, dari terminal guntur ke pos pemancar ada CP ojek kah? atau angkutan yg mau ngangkut 1orang? trus apakah beroperasi 24jam? rencananya ane mau solo trekking ke cikuray september nanti, buat jaga2 aja khawatir gak nemu tebengan (rombongan lain) di terminal guntur

    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau untuk ojek bang, kalau untuk angkot di terminal guntur sepertinya selalu ada 24 jam tapi ya itu, mereka akan mematok harga yg sangat tinggi.

      Delete
  27. Bang kl naik motor apa ada pnitipannya yua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pemancar tepatnya di pos registrasi kita bisa menitipkan motor

      Delete
  28. kl buat ng'camp, paling cocok di pos brp bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di puncak bayangan atau di puncak pas gan

      Delete
  29. klo umur masih nyampe tahun baru, qt rombongan dari bogor mu ke cikuray,,,,

    ReplyDelete
  30. Kalo dari papandayan ke cikuray jaraknya jauh gak bang?soalnya gua mau lanjut dari papandayan kecikuray

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket kok bang, dua gunung ini berhadapan.

      Delete
  31. Infonya bermanfaat nih gan..abang yg baik.Ajak lagi gan adenya ke gunung lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus kenapa kalo ane ajak lagi bang? XD

      Delete
  32. Kalo dari bunderan tuh kemana ya ke kebun tehnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh, aku g hapal mas..tanya warga sekitar aja XD

      Delete
  33. Pemandangannya lagi bagus tuh, mantaapppp

    ReplyDelete
  34. Mantap. Semoga bisa ke sana secepatnya hehe :D

    ReplyDelete
  35. Itu angkotnya bukan jurusan ke cikuray.kl angkot yg lewat cikuray angkotnya 06 angkot jurusan cilawu garut pasti gak bakalan hapal kesana..tapi buat rekan2 yg mau ke cikuray kl mau carter mobil bisa kontak saya.jgn khawatir karna saya asli orang sana kampung saya kp cikoneng di bwh pamancar u ongkos sewa 50rb/org min 10org/ lbh 10org bisa nego contac aja 085218963029,081296115839 a/n a.rojak ,saipull kalo darurat boleh singgah dulu di rumah saya maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Note mas Saipul, kita dulu kesini memang dengan pengetahuan nol. Tapi dengan adanya info mas seperti ini bisalah nanti buat CP temen2 kalau mau kesana lagi. Thanks :)

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Kalau bawa mobil pribadi bisa gak gan? Apakah ada tempat parkir menginap kendaraan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di parkir di pemancar mas,bisa di titipkan di petugas disana tapi ya agak rawan kalo tidak ada yang menjaga.

      Delete
    2. Mantaps, thanks sob, jd kangen pengen kesana lg

      Delete
  38. Replies
    1. Ini gunung yang jarang banget tutup kok mas... CMIIW

      Delete
    2. terimakasih infonya. salam lestari :)

      Delete
  39. Gunung dengan ketinggian di bawah 3000 yang bingkin dengkul mau copot :D

    ReplyDelete
  40. Tgl 30 saya dan tim mau ke cikuray dari terminal kp rambutan, berhubung tim saya hanya 4 orang, barangkali ada yang mau bareng biar bisa share cost carter mobil nya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan kaki dari terminal lebih mantap XD

      Delete
  41. mau nanya bang, kalo mau nanjak cikuray jalannya jelas apa engga ya? bulan ini insyallah mau kesana bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas banget kok bang jalurnya... silahkan di coba

      Delete
  42. Bang saya rencana mau muncak cikuray via bayongbong, kalo dari terminal guntur naik angkutan apa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tau kalau lewat sana... aman sih carter pick up aja bang.

      Delete
  43. mamacih buat info detailnya euy. in sha Allah bulan April team "keong" ini kesanah..jalurnya bikin nahan napas juga yak...mudah2an bisa sampe puncak.amiinn
    tengkyu tengkyu..like your sharing about cikuray

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn...puncak Cikuray selalu menunggu, semoga lancar pendakiannya :)

      Delete
    2. Hallo dini...
      salam kenal.
      april ke cikuray ya ? sampai ketemu di puncak nya aamiin

      Delete
  44. Halo gan...

    Terimakasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini,

    sempat membuat down setelah tau tracking nya 3d,
    apa lagi saya pemula dan langsung mau ke cikuray, ditambahlagi Hemoglobin saya rendah,

    minta tips nya dong gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa sampai puncak kok, persiapkan fisik aja... :D

      Delete
  45. bang saya kebetulan nih tgl 21 mau k cikuray , bener2 kebantu banget dgn artikel ini . oh iya saya kan pemula nih bang kira2 hal penting apa yg wajib saya bawa kesana ya ? . saya bner2 excited bgt nih setelah lihat gambar2 diatas subhanalloh indah bgt ...

    doakan bisa sampai puncak yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama pasti fisik dan mental, kemudian ya perlengkapan mendaki gunung sendiri biar safety karena mendaki gunung bukan main main. Semoga sukses sampai puncak ya mbak :)

      Delete
    2. ok ok bang , saya udah lumayan olahraga kecil2an dr kmrn2 , smoga ga ngerepotin orang lain ntar pas dsana wkwk . sip terimakasih bang

      Delete
  46. Thx infonya kang . . Mau tanya kalo buat carter pick up udah tersedia di gunturnya ga? Mksdnya selain angkot, ada pick up yg udah standby disitu? Buat pertimbangan tgl 21 insa Allah menyusul😊😊😊

    ReplyDelete
  47. Ini kalo gue abis bilang Cikuray bagus, jangan disuruh kabur sekarang juga, soalnya April gue ada rencana kesana bang. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoklah bang, jalan tanggal 2 malem sih kayaknya dari Jakarta.
      Biarpun pasti mainstream, tapi asikin ajalah :)

      Delete
    2. Udah ada jadwal ke merbabu :p

      Delete
    3. Lah, mau sih bang ke Merbabu. Tanggal berapa sampai berapa?

      Delete
    4. Bang, jalan dari Jakarta kan? Kalo beli tiket kendaraannya on the spot boleh bang ikutan, hehehe. Seriusan ini

      Delete
    5. semoga bisa ketemu dimerbabu bang... 3-5 april saya via wekas selo btw hehehe :D

      Delete
  48. gan mau nnya dong , denger" pipa air warga yg bcor katanya sekarang udah ditutup . soalnya itu wktu gua ke papandayan tanggal 29 februari 2015 , katanya disana udh ga ada sumber air lagi ya ?

    @dini : lu tanggal 2 april din ke cikuray ? kalo gua sama tim sih insyaallah awal may pas hari jum'atnya libur . soalnya tanggal 2 gua mau ngetrip ke tebing keraton , bukit moko , dulang resort

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh kalo masalah pipa kurang tau lagi ya...udah lama ga balik ke cikuray lagi gan

      Delete
    2. Iyap kalo jadi sih tanggal 3 sore jalan

      Delete
    3. Saya ke Cikuray bulan Nopember taun lalu, udah gak ada tu pipa bocornya. kata si teteh warung yg di pemancar gitu udah ditutup.

      Salam lah buat Cikuray yang selalu bikin cerita seru dari capek sampe di atas awannya. ^^

      Delete
    4. Makasih atas infonya ya mbak :)

      Delete
  49. thanks bang ata sharing2nya sukses terus!!!!salam lestari. btw boleh bagi cp?kali aja bisa naik bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yaa :) , add aja nih ID Line: Pradiktakusuma

      Delete
  50. Akhirnya aku ngerasain Cikuray juga bang :)
    Menurut aku, jalurnya sepanjang jalan sama aja. Mendaki terus dan terus, menghadap atas isinya tanjakan dan tanjakan tak berujung.
    Tapi... nggak seberat yang diceritain orang-orang sih. Apalagi pas turun, ih asik bisa lari-larian dan ngesot, tapi tangan jadi pada tebel udahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kesampaian juga yaaa :), turun mah santai aja asal aman. next mau kemana lagi nih?

      Delete
    2. Insya Alloh ke Gede awal Mei, kalo ada yang ngajak ke Pangrango boleh juga sih *nggak kode nggak ngehits, hehehe*
      Oiya, video bang dikta bagus2 gambarnya. Biarpun sebentar tapi keren semua bang serius deh. Ada video yang durasinya lama nggak? Soalnya aku udah download beberapa.

      Delete
    3. Lagi fokus bikin video pendek2 dibawah 5 menit aja, biar lebih merasuk & gak garing. Untuk yg diatas 5 menit ada krakatau, ranukumbolo, prau... Kalo pengen durasi 2 jam nonton aja di bioskop :p, ehh jangan lupa subscribe dong.

      Delete
    4. Hadeeeh, aku mah anaknya penurut. Dari awal diminta subscribe ya langsung di subscribe.
      Ya nggak durasi 2 jam juga sih video yang aku mau, ya sudahlah. Bye! -___-

      Delete
  51. jangan lupa perlengkapan mendaki gunung dipersiapkan secara matang :) Selamat Mendaki :D

    ReplyDelete
  52. makasih bang infonya ,eh iya ane mau bawa mtor bang,tau tempat penitipannya ga bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penitipan ada di sekitar pemancar mas, bisa nitipin di warung warung

      Delete
  53. Tanggal 15 agustus sabtu ini siap mendaki cikuray, yang mau nanjak juga sampai ketemu disana kawan2

    ReplyDelete
  54. Persiapan Mt cikuray 6 sept 2015 berangkat dr jakarta. Semoga cuacahnya bagus. Yg mau gabung hanyuuuu.

    ReplyDelete
  55. Mantap, cikuray emang lumayan dibanding Papandayan sama Guntur.
    worth to try gan...
    .
    ini cerita ane pas hujan-hujanan di cikuray kmren gan.
    http://faridkei.com/hujan-hujanan-di-cikuray-2821-mdpl/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya seru juga nih hujan hujanan, segera meluncur broo

      Delete
  56. Izin comment ya kk,kalo mau ke cikuray kyanya lewat jalur cikajang aja.Ke daerah desa Giriawas tmpat aku tinggal.kalo mulai dari situ gk udah naik angkot lagi,gk harus datar/bayar,gk bkal kepanasan juga soalnya track nya langsung masuk ke daerah pemukiman+hutan pinus.Jadinya enak gk bkal terlalu kpnasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh menarik juga nih infonya mbak, kapan kapan boleh dong aku di Guide di jalur ini..hehehe :D

      Delete
  57. Keren bang ceritanya, rencana saya pngn ke Cikuray nih ajak temen" dijakarta, ya mudah"an mereka mau, nanti disana didampingin temen" yg digarut.. heheh maklum pemula :D mohon do'anya bang mudah"an pada mau diajak ke cikuray.. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga rencananya segera terealisasi ya dan pendakiannya berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.. aamiin.

      Delete
    2. amiiinnn bang, ngiler ngeliat lautan awan, pngn ngerasain langsung..

      Delete
    3. Persiapkan fisik dan perlengkapan aja bang, sebelum menerjang tanjakan 3D

      Delete
  58. Mau nanya bang, saya kan newbie, pngn tau perlengkapan yg harus dibawa tuh apa aja ya? mohon secara rinci bang biar paham :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pribadi: Jaket, Baju hangat, Sepatu, Sleeping bag, Matras, jas hujan, Headlamp
      Kelompok: Tenda, Logistik

      Dan satu lagi bang, jangan buang sampah sembarangan :)

      Delete
    2. untuk sleeping bag, matras dan tas itu bisa disewa kan disana? soalnya menurut tmn saya ada yg sewain, kalo bawa dr jakarta ya repot.. tp kira" untuk tenda ada yg sewain juga ga ya bang?

      oke bang pasti itu :)
      btw postingan G+ lu bikin gue ngiler bgt bang wkwkk

      Delete
  59. yang cari perlengkapan cek koleksi kita https://www.tokopedia.com/krisnaoutdoor ,thx

    ReplyDelete
  60. mas, kalau bawa mobil sendiri, parkirnya dimana ya?

    ReplyDelete
  61. Akhir bulan ini mau naik ke Cikuray, gak sabar deh untuk menuntaskan deretan gunung di Garut. Kalau Cikuray udah ditempuh, alhamdulillah udah semua gunung di Garut. makasih info dan tulisan yang sangat membantu dalam mencari informasi ini, jangan lupa main juga ya ke blog saya : Pendakian ke Papandayan

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Contact Form