Mountaineering

Gunung Gede (Via Cibodas)

4/17/2013Pradikta Kusuma



Gunung Gede Pangrango yang mempunyai ketinggian Puncak Gede (2956 mdpl) dan Puncak Pangrango (3019 mdpl) secara posisi terletak dalam kawasan 3 daerah yaitu Bogor, Cianjur, Dan Sukabumi. Terdapat tiga jalur pendakian resmi yaitu jalur Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana.



Transportasi
Jakarta (Kp.Rambutan) – Ciawi – Cibodas

Estimasi Biaya


Bis Kp.Rambutan - Pertigaan Cibodas           = Rp. 15.000 
Angkot Pertigaan - Cibodas                           = Rp.   3.000
Total Biaya Pulang Pergi                                = Rp.  36.000
---- Biaya berdasarkan keberangkatan per 5 April 2013 ----

Perijinan

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung di jawa yang cukup ketat dalam pemberian ijin pendakian. Bisa dikatakan salah satu perijinan paling rumit di tanah jawa. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi websitenya. Disini


Kantor TNGGP


Jalur Pendakian

Dari kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pendaki akan mengikuti jalan setapak sampe pos pemeriksaan pertama. Setelah melewati pos pemeriksaan, para pendaki akan melewati jalan setapak batu yang tersusun rapi dengan kiri kanan diselimuti hutan lebat. Sekitar 1 jam berjalan kita akan melewati sebuah jembatan yang membentang di atas rawa yang biasa disebut dengan rawa gayonggong. Pemandangan cukup menarik menggoda untuk diabadikan dalam sebuah jepretan kamera.


Background Gunung Pangrango

Rawa Gayonggong

Jembatan Tengah Rawa

Setelah melewati rawa gayonggong tak lama kita akan sampai di pos telaga biru. Sebuah telaga kecil dipinggir jalur pendakian. Terdapat banyak ikan di dalamnya dan masih terjaga keasriannya.

Telaga Biru

Berjalan lagi sekitar 60 menit, kita akan sampai pertigaan. Dimana mengarah kekanan adalah menuju air terjun cibeureum dan lurus adalah jalur pendakian gede pangrango. Kami sempatkan sebentar untuk menikkmati keindahan air terjun cibeureum ini. Keadaan cukup ramai dengan pengunjung non pendaki yang bercengkerama dengan dingin air dan udara di tempat ini.

Air Terjun Cibeureum

Cibeureum

Foto Keluarga

Beranjak dari pertigaan air terjun, jalur akan masuk ke dalam hutan yang cukup lebat mengapit dan jalur akan terus menanjak. Setelah beberapa lama kita berjalan, jalur akan sedikit menurun yang menandakan kita sampai di Air panas. Pos air panas adalah sebuah jalur yang mengharuskan kita melewati air terjun berair panas. Dalam kawasan ini kita harus cukup berhati hati dikarenakan jalur yang licin, panas, dan tepat di sisi kanan adalah jurang cukup dalam tempat air panas terjun kembali ke jurang.

Air Terjun Panas

Awas Jurang

Foto Keluarga


Beranjak dari air panas kita akan ditemani sungai di sisi jalur pendakian. Kita juga harus menyeberangi sungai itu. Tak lama berjalan kita akan kembali bertemu dengan air terjun yang cukup indah, sebuah air terjun tanpa nama. Inilah daya tarik tersendiri jika kita melintas dari jalur cibodas ini, alam akan menyajikan keindahannya yang seakan tiada henti untuk memanjakan mata kita.

Air Terjun

Mejeng Kembali

Beranjak kembali ke jalur, setelah 60 – 90 menit kembali berjalan kita akan sampai di kandang badak. Pos terakhir sebelum percabangan jalur yang akan mengantarkan kita ke puncak gunung gede atau gunung pangrango. Berhubung cuaca yang kurang bersahabat dan tenaga yang telah terkuras kami putuskan untuk membuka tenda di pos ini sebelum keadaan semakin ramai, mengingat gunung gede pangrango adalah tujuan favorit pendaki di daerah jawa barat ataupun jabodetabek.


Hutan Hujan tropis


 Menyejukkan Mata


Melepas Lelah


 Pos Kandang Badak


Suasana Kandang Badak

Setelah bermalam di pos kandang badak, pagi hari sebelum subuh kami bersiap untuk summit attack. Berjalan sedikit ke atas dari kandang badak kita akan bertemu percabangan jalur, kita ambil jalur lurus karena tujuan kita adalah puncak gede. 

Papan Penunjuk Arah

Tak lama berjalan pada jalur yang terus menanjak kita akan bertemu dengan jalur sangat curam yang biasa disebut tanjakan setan. Pada tanjakan ini telah disediakan tali untuk berpengangan para pendaki untuk terus bergerak maju. Jikapun kita tidak ingin melewati tanjakan setan pihak Taman Nasional Gede Pangrango telah menyediakan jalur alternative yang melipir ke kiri dan jalur yang sedikit landai tapi agak jauh.

 Jalur Pendakian

Tanjakan Setan

Tanjakan Setan

Selepas tanjakan setan jalur akan terus menanjak di tengah hutan. Terus bergerak kurang lebih 30 -60 menit kita akan sampai di puncak gede. Di puncak gunung gede kita dapat menikmati kemegahan kawah gunung gede yang tampak terus mengeluarkan asap belerang. Tampak disebelah kokohnya gunung pangrango dan tampak dibelakangnya dua puncak gunung salak terlihat dengan gagahnya.

Kawah Gunung Gede

Gede Crater

 Kami Kibarkan Bendera Kebanggaan Kita

Di Atas Awan

Saat berjalan menuju puncak akan terlihat keindahan alun alun surya kencana. Untuk menuju ke surya kencana kita harus turun selama 30 menit. 

Surya Kencana Dari Puncak Gede


Puncak Gunung Gede

Mejeng di Puncak Gede


You Might Also Like

2 komentar

Google+ Followers

Followers

Contact Form