Travelling

Pulau Menjangan - Ada Salam Dari Bali Barat

7/29/2015setapakkecil


Siapa yang tak mengenal Pulau Bali ?, semua orang pasti familiar dengan kata Bali bahkan bule luar negeri pun lebih familiar dengan kata bali daripada Indonesia. Kuta? Tanah lot? Garuda Wisnu Kencana? Pasti kalian sudah tau akan tempat pariwisata tersebut. Namun jika aku menyebut Pulau Menjangan, apakah kalian tahu? Ada apa saja disana? Dan dapat dipastikan hanya sebagian kecil saja yang pernah mendengar ataupun berkunjung ke Pulau yang menjadi habitat dari rusa rusa atau menjangan liar di Bali bagian barat.


Video Perjalanan Pulau Menjangan


Pulau menjangan berasal dari kata “Menjangan” yang dalam bahasa Jawa berarti kijang atau rusa. Memang pulau ini hanya dihuni oleh sekumpulan menjangan yang tersebar di seluruh pulau. Namun saat ini populasi menjangan semakin menurun, maka dari itu pemerintah memasukkan nama Pulau Menjangan masuk ke dalam wilayah konservasi Taman Nasional Bali Barat.

Tak ada rumah penduduk di pulau ini yang ada hanyalah beberapa pura besar sebagai tempat bersembahyang penduduk bali yang mayoritas memeluk agama hindu. Memang adanya larangan mengeksploitasi pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional ini. Agar kelestarian alam masih tetap terjaga hingga nanti.

Saat ini Pulau Menjangan sudah di kelola dengan baik oleh pihak TN. Bali Barat dengan menjadikannya sebagai tujuan utama pariwisata di daerah barat pulau Bali ini. Dengan daya tarik alam bawah lautnya yang mempesona menjadikan menjangan destinasi alternatif wisatawan yang berlibur ke bali.

Terdapat 2 titik cross point atau tempat kita bisa menyeberang menuju pulau menjangan, yang pertama di Labuan Lalang dan yang kedua adalah pelabuhan Banyuwedang. Trip kali labuan lalang menjadi tempat cross point kita. Karena jaraknya yang terlalu jauh dari Pelabuhan Gilimanuk hanya sekitar 15 menit berkendara. Labuan lalang adalah pelabuhan resmi untuk kapal kapal yang akan menuju ke pulau menjangan. Sarana penunjang telah lengkap berada disini, Tarif pun telah ditetapkan oleh pihak pengelola jadi kita hanya tinggal mempersiapkan dana saja dan bersenang senang.

Mengunjungi Pulau Menjangan wajib hukumnya menggunakan guide, karena demi keamanan dan kenyamanan kita bersama. Karena pulau menjangan termasuk pulau yang masih alami dan terjaga maka perlu adanya sedikit pengetahuan dan arahan dari guide yang merupakan penduduk sekitar. Alat snorkel juga telah tersedia lengkap di Labuan Lalang ini jadi kalian tak perlu repot lagi.

Salah Satu Sisi Pulau Menjangan

Perlu sekitar 30 menit untuk menyeberang dan menepi di pulau menjangan. Dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan, di kejauhan tampak pemandangan gunung api di Jawa Timur mulai dari Gunung Ijen Hingga Raung tampak menjulang tinggi. Di samping kiri juga terbentang luas hutan yang masuk dalam kawasan TN. Bali Barat. dari kejauhan pulau menjangan tampak seperti pulau karang yang terangkat ke atas dengan tebing tebing tinggi di sekitar tepi pulau. Jernih air laut berpadu dengan sinar matahari cerah menimbulkan visibility atau kecerahan yang maksimal. Dengan mata telanjang kita dapat melihat keindahan karang karang yang ada di dasar laut.



Spot snorkling pertama tak jauh dari dermaga utama pulau. dari bibir pantai kita langsung bisa snorkling dan melihat karang karang laut yang beraneka warna. Sekitar 15 meter dari bibir pantai kita akan menemui sebuah palung yang sangat dalam. Tak perlu panik jika kita snorkling di atas palung ini, karena palung ini yang merupakan tempat terindah untuk kita dapat menikmati keindahan bawah laut pulau menjangan.

Surga Bawah Laut

Pulau menjangan ini dikenal sebagai surga bawah laut yang memiliki wall diving terbaik di Bali. Pulau menjangan memiliki taman bawah laut yang sangat cerah dan penuh warna sekaligus kaya biota laut. Formasi palung yang dalam tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.  Di gua-gua kecil, kakap kecil dan batfish banyak terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan barrel sponges dan sea fans yang bahkan dapat mencapai ukuran yang sangat besar.  Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan bahkan hiu.

Berbatasan Dengan Palung


Dan menurutku keindahan bawah laut Pulau Menjangan ini adalah yang terbaik selama aku masuk dalam dunia persnorklingan yang selama ini hanya aku nikmati di sekitaran Jakarta dan Jawa Barat saja. Jujur beranjak ke Pulau Bali ini aku tak menyangka bakal menikmati atraksi bawah laut yang sangat indah. Ini masih di Pulau Bali bagaimana jika aku pergi lebih ke timur lagi? NTT, Bunaken, Raja Ampat . . ahhh Indonesia ini sungguh negeri impian yang semoga semua destinasi di atas bisa aku kunjungi suatu saat.. aamiin.

Hai Nemo

Menurut penuturan sang guide di perairan menjangan ini juga terdapat sebuah Wreck atau biasa disebut kapal karam. Wreck tua merupakan titik spot diving yang sangat menarik, katanya sihhh.. karena sampai saat ini aku belum juga memiliki lisensi diving. Anchor wreck adalah spot diving yang di bahwanya ada bangkai kapal kapal yang diduga milik Belanda sudah ada sejak abad ke-19. Namun untuk bisa melihatnya kamu harus melakukan penyelaman karena bangkai kapal ini berada di kedalaman 45 meter.



Tak hanya kegiatan diving dan snorkling saja yang dapat kita lakukan di pulau menjangan ini. Kita pun dapat berkeliling pulau ini. Dari dermaga utama kita hanya tinggal mengikuti jalan setapak dan penunjuk arah yang ada dan jangan takut untuk tersesat di pulau kecil ini. Terdapat 2 pura besar yang terdapat di pulau ini, yang pertama berada di tepi pantai dia atas sebuah tebing bernama pura pulaki dan yang satunya berada persis di tengah pulau yang dapat kita tempuh berjalan kaki selama 15 menit dari dermaga.

Ekplore Pulau Menjangan

Menikmati hari sembari melihat kawanan kijang yang berlarian tentu dapat menjadi tontonan yang menyenangkan. Ya mungkin hanya di pulau ini saja kamu memiliki kesempatan untuk menonton kijang di pinggir pantai. Jangan lupa menyiapkan kamera mengabadikan kijang-kijang yang kebetulan lewat di depanmu. Jepretan gambar kijang dengan latar belakang birunya lautan adalah objek langka untuk koleksi fotomu nantinya.

Menjangan Yang Menjadi Ikon 
Dan untuk saat ini pastikan pulau menjangan menjadi destinasi kalian selanjutnya, terutama bagi kalian yang suka akan keindahan pantai maupun keindahan bawah laut. Tapi yang pasti tetap jaga setiap tempat yang kalian datangi agar keindahannya tetap terjaga hingga kelak. Dan yang terakhit tetap sehat tetap semangat bebas polio woyoooooo.... J

You Might Also Like

4 komentar

  1. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    ReplyDelete
  2. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    ReplyDelete
  3. "must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning
    "

    ReplyDelete
  4. The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...

    ReplyDelete

Followers

Contact Form