Travelling

Pulau Sangiang [Part 2]

5/29/2015Pradikta Kusuma


kota Cilegon  kebanyakan mempunyai pantai dengan air yang keruh dan kotor, namun berjarak hanya satu jam dari bibir pantai cilegon kalian akan menemukan kejernihan air yang luar biasa di imbangi dengan kehidupan bawah airnya yang mempesona. Inilah pulau Sangiang, permata di tengah selat sunda.

Tulisan kali ini adalah cerita sambungan tulisan sebelumnya, bagi kalian yang belum membaca silahkan mampir dan ikuti jalur cerita Pulau Sangian agar kalian tahu betapa indahnya pulau satu ini.


Dibawah ini juga ada sepenggal video pendek berdasarkan kumpulan footage yang aku ambil ketika menjelajah Pulau Sangiang, klik tautan dibawah ini dan selamat menonton.


Yang namanya berkunjung ke suatu pulau pasti tak lengkap rasanya jika kita tidak mencoba untuk langsung bersentuhan dengan pantai dan berenang di dalamnya, apalagi jika pulau tersebut menawarkan kehidupan bawah air yang layak untuk kita kunjungi.

Pulau sangiang mempunyai garis pantai yang lumayan panjang dan memiliki beberapa spot menarik di dalamnya. Kita dapat menikmati itu semua dengan cara trekking dan kali ini aku akan menunjukkan kalian akan keindahan bawah laut Pulau Sangiang.



Tempat kami camping bernama Lagoon Bajo, ingat spelling ini bukan Labuan Bajo yang tersohor di Nusa Tenggara Timur sana. Tapi ini adalah tempat spot snorkling yang diandalkan di Pulau Sangiang ini. Walaupun aku belum pernah ke Labuan Bajo disana namun setidaknya aku pernah menginjakkan kaki di Lagoon Bajo Pulau Sangiang dan aku berharap semoga keindahan bawah laut disini tidak kalah indahnya.

Kejernihan Pantai di  Lagoon Bajo
Sebenarnya dari pantai tempat kita camping kita bisa langsung menuju Lagoon Bajo ini, namun demi keselamatan kita naik kapal saja mengikuti saran kapten kapal dimana spot terbaik untuk kita snorkling.

Dari bibir pantai pun air laut sudah sangat jernih itu terbukti dengan karang karang di bawah permukaan yang terlihat dengan jelasnya. Tak butuh waktu lama kira kira 5 menit berlayar dari bibir pantai kapal langsung lego jangkar. Snorkel dan fin pun juga sudah menempel di badan masing masing.

Udah Gak Sabar

Jebuurrrr ..... aku dan imam pun terlebih dahulu meloncat, tak tahan rasanya berdiam lama di kapal jika melihat air jernih seperti ini. Melongok ke bawah permukaan memang karang karang nampak masih cukup terjaga dengan pertumbuhan karang yang merata.

Aku, Imam dan Mas Dino bergantian menyelam ke dalam permukaan air untuk lebih mendekat ke dasar lautan dan melihat lebih jelas karang karang yang ada di dalamnya. Kedalaman berkisar antara 3 – 5 meter, bagi kami yang tak terbiasa free dive cukup membuat dada ngos ngosan menahan nafas.

Menuju Dasar Lautan

Kawan kawan yang lain nampak mulai masuk ke dalam air, menikmati keindahan bawah laut Pulau Sangiang ini. Bagi kalian yang belum benar benar bisa berenang atau sudah bisa namun takut dengan kedalaman alangkah baiknya menggunakan Life Jacket saja dengan alasan keamanan. Karena dengan melihat dari permukaan air keindahan bawah laut Pulau Sangiang sudah bisa kita nikmati.

Karang Karang Pulau Sangiang

Cukup lama kita menikmati spot pertama ini, hampir 60 menit kita bermain main air. Berbagai polah dan tingkah pun sempat diabadikan. Mulai dari loncat dari kapal, berenang ke dasar laut, hingga ekspresi ketakutan akan kedalaman. Dan.... akhirnya puas, kita segera naik kembali ke kapal dan lanjut ke Spot yang kedua.

Spot kedua berjarak juga tak terlalu jauh dari spot yang pertama. Namun disini dengan air yang lebih dangkal dari spot pertama. Dan karang karang pun makin terlihat jelas dari permukaan air. Kembali kita menceburkan diri dari atas kapal, namun kali ini kita harus lebih hati hati agar tidak terbentur karang karenan dangkalnya permukaan air.

Spot Kedua

Karang karang di spot kedua ini juga masih cukup terjaga namun entah kenapa ikan ikan di sekitaran sini sangat sedikit, padahal penutupan karang di dasar cukup sempurna. Arus pun cukup tenang jadi kita bisa bersantai snorkling dengan perasaan aman apalagi ada guide di kapal yang senantiasa mengawasi tingkah polah kita.

Keindahan Spot Kedua

Pulau sangiang ini adalah destinasi wajib yang harus dikunjungi bagi kalian pecinta Snorkling Atau juga bisa diving karena di pulau ini juga menawarkan beberapa spot diving yang cukup menarik menurut penuturan sang kapten kapal. Dan aku berharap kelestarian terumbu karang disekitaran pulau ini tetap terjaga selamanya agar kelestarian ekosistem di dalamnya juga ikut terjaga.

Sedikit tips bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pulau Sangiang,
  • Datanglah beramai ramai karena kapal charter cukup mahal bagi kalangan backpacker, 1 kapal bisa mencapai 3 juta rupiah untuk 2 hari. Kapal bisa menampung maksimal 22 orang. CP Kapal 0813 1831 9894
  • Sudah tersedia life jacket di kapal, jadi kalian tinggal mencari Snorkel dan Fin saja.
  • Pintarlah untuk negoisasi ketika registrasi di Pulau Sangiang, karena membuka tenda juga akan di kenai tarif.
  • Persiapkan fisik ketika trekking keliling pulau.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan menginjak karang karang yang ada di dasar laut.

Happy travelling, happy snorkling, keep safety dan bebas polio woyooooo..... 

·    

You Might Also Like

12 komentar

  1. waaaa kereen terumbu karangnya, pernah kesana dan belum mencicipi indahnya permukaan laut sangiang hiks :( oh iya ngomong2 soal sangiang bukannya pas ksana kita dibatasin yaa areanya ga bisa semua tempat dijelajahin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa semua bang tapi ya itu harus izin terlebih dahulu dan kayaknya itu ada biaya pelicinnya.. haha :D

      Delete
  2. Selalu naksir foto tenda dipenuhi taburan bintang dilangit dan foto indahnya bawah laut kayak diatas itu, sekian bang :)
    *kabur karena sampai sekarang belum belajar berenang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepetan belajarr...keburu kering lautnya

      Delete
  3. Hi Dikta, salam kenal. Btw, mau tanya-tanya soal Sangiang. Boleh minta alamat email mu? Biar gampang, pake Gtalk aja. Trims ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Risa.. Ini emailku pradikta42@gmail.com
      Kontak saya sudah lengkap di panel atas about me

      Delete
  4. wih keren lo ternyata ... setelah sekian lama akhirnya ku lihat dn ku baca blognya mas ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya dikomennnnnnn... senengnya :D

      Delete
  5. Coming soon mau kesini... terinspirasi dari videonya mas dikta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, hehehe.. Semoga sangiang tetap indah dan terbebas dari sampah yang mulai menumpuk

      Delete

Google+ Followers

Followers

Contact Form