Travelling

Pantai Klayar - Extremely Beauty Of Pacitan

8/26/2013Pradikta Kusuma


Melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai salah wisata di Pacitan yaitu Goa Gong, kali ini saya akan menampilkan tempat wisata lainnya dari kabupaten ini. Pantai Klayar, berjarak kurang lebih 12 km dari Goa Gong atau sekitar 42 km dari pusat kota pacitan. Pantai ini bak mutiara yang tersembunyi di antara bukit bukit karst dari topografi Pulau Jawa bagian Selatan. Dari mulut ke mulut wisata ini pun mulai ramai dikunjungi dan mendapatkan perhatian lebih dari Kabupaten Pacitan hingga menjadi wisata andalan mereka.


Pantai klayar dapat ditempuh menggunakan motor ataupun mobil. Kita dapat mencapainya melalui akses jalan Goa Gong, dari parkiran goa kita bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Klayar. Perjalanan menuju ke pantai ini adalah hal yang cukup memacu adrenalin terutama bagi kami yang menggunakan mobil untuk mengunjunginya. Sebenarnya jalanan sudah cukup baik dan beraspal dan lebar, tetapi jalan lebar ini hanya kita temui sampai kita tiba di Goa Gong. Setelah melewati areal Goa Gong maka jalanan akan semakin menyempit dengan ditemani tebing dan jurang jurang dalam di sisi kanan kiri jalan, jalanan pun tak berkelak kelok tanpa henti. Bahkan jika kita berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan salah satu mobil harus berhenti dan mengambil posisi di samping samping jurang agar mobil tetap bisa berjalan. Sungguh pengalaman berhaga untuk sopir dengan skill ala kadarnya seperti saya.

Jalanan yang kami lalui pun sepi, hanya sesekali saja kami berpapasan dengan mobil dan yang pasti kita harus minggir sepersekian cm dari jurang. Hampir satu jam menyusuri jalan yang berkelak kelok dengan bantuan arah dari GPS smartphone kami, dari atas bukit karst biru pekat dari laut selatan pun mulai terlihat, itu menandakan kita akan segera sampai di tujuan.

Kita pun masuk ke Gerbang masuk dan diwajiban untuk membayar retribusi biaya 3000 per orang, sungguh harga yang sangat murah tentunya. Dan tak disangka pantai ini pun sangat ramai, padahal dari awal berpikiran bahwa hanya kami yang akan ke pantai klayar, karena jalan kelak kelok tadi hanya kami yang melaluinya. Tapi tak apalah karena memang ini libur lebaran, jadi kita nikmati saja.

Pantai Klayar

Setelah mobil terparkir, kamera pun langsung keluar dari tempat peraduannya. Jeprat jepret pun saya lakukan. Debur ombak ganas khas pantai selatan menyapa kedatangan kami, sinar matahari pun terik tepat diatas kepala.

Warning
Tak membuang waktu saya dan si Dek Fita pun melakukan susur pantai. Yang pertama kita tuju adalah sisi timur, dalam perjalanan ada hal yang cukup menarik ada sungai air tawar tepat dibelakang garis pantai. Sungai ini berwarna hijau dan langsung mengalir ke arah laut selatan. Kembali menu timur kita akan menjumpai bukit batu besar di pinggiran pantai yang sekilas mirip dengan Tanah Lot di pulau Bali.

Sungai Pinggir Pantai

Tanah Lot Cap Pacitan

Ombak Bergulung Gulung


Sebuah pantai yang indah dengan bukit bukit batu disekitarnya, dan kenapa pantai ini dinamakan Klayar. Asal usulnya adalah terdapatnya batu besar mirip layar di pantai ini. Dan ada satu hal lagi yang unik adalah adanya seruling laut, yaitu air yang memancar di antara bebatuan jika ombak besar sedang menerjang. Tapi sayang jika kita ingin melihat seruling laut dari dekat kita harus membayar guide dengan biaya seikhlasnya, Karen posisinya yang cukup berbahaya sewaktu waktu ombak dapat menerjang. kamipun tak dapat menyaksikannya karena dompet tertinggal di  mobil, rasa malas pun menghampiri karena jarak parkiran yang jauh dan sengatan terik matahari.

Batu Layar
Seruling Laut (sumber)
Perasaan dongkol pun ada karena tidak bisa menyaksikan seruling laut tersebut, tapi tak apalah masih banyak spot lainnya. Saya pun mencoba mendaki bukit di sisi sebelah barat, pemandangan disini pun cukup menakjubkan. Bukit bukit yang langsung bertemu deburan ombak khas pantai selatan dapat saya nikmati di tempat ini.

View Dari Atas Bukit

Bukit Bertemu Samudra

Samudra Indonesia

Fasilitas di pantai klayar pun cukup lengkap, dari toilet, rumah makan pun lengkap. Tapi yang harus kita ingat agar selalu berhati hati jika kita ingin bermain main di pantai selatan yang indah ini. Sekian dan Selamat berwisata. 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Mas Bro, mhn info, saya baca dari blog njenengan tentang pantai klayar, btw pantai klayar apakah bisa diakses dengan bus pariwisata besar Mas Bro? Kebetulan ada request dari tamu kami, mhn infonya ya Mas Bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus Pariwisata besar hanya dapat bisa sampai di Parkiran Goa Gong, setelah itu harus oper mobil pribadi yang lebih kecil / Elf dikarenakan Keadaan jalan yang masih sangat sempit dengan kanan kiri jurang. Bahkan terkadang saat sisipan salah satu kendaraan harus mengalah.

      Delete
  2. Aku kmaren kesana g pke tour guide mas.aku liat aja ampe kena airnya.
    It tempat g bkal bosen mas datang lg mesk dah berkali2 dtang,,

    ReplyDelete
  3. Aku kmaren kesana g pke tour guide mas.aku liat aja ampe kena airnya.
    It tempat g bkal bosen mas datang lg mesk dah berkali2 dtang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, memang tempat yang indah yang selalu mengajak hasrat untuk kembali kesana

      Delete
  4. apa ada penginapan di sekitar pantai klayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada penginapan disana

      Delete
  5. Replies
    1. Ga bisa kayaknya mas, jalannya sempit. Pake elf aja kalo rombongan

      Delete

Google+ Followers

Followers

Contact Form