Ayooo... Main Ke Karimun Jawa

1/12/2017Pradikta Kusuma


Berminggu-minggu bertatapan dengan layar monitor dan orang-orang yang sama, tentu membuat Kalian bosan dan pikiran jadi lelah. Nah, kalau Kalian masih juga bingung menentukan pilihan, wisata Pulau Karimunjawa bisa dicoba nih!


Tidak jauh dijangkau bagi Kalian yang masih tinggal di Pulau Jawa, tempat wisata satu ini tampaknya cocok untuk long weekend terdekat. Masuk dalam lingkup Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pulau dengan luas daratan sekitar 1500 hektar dan perairannya yang lebih luas, sekitar 110 ribu hektar ini dijadikan pusat wisata Taman Laut. Seperti yang tampak belakangan ini, wisata laut memang makin banyak dicari para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berwisata ke Karimunjawa, tentu tak lengkap dan bakal sia-sia rasanya jika tidak berkunjung ke banyak tempat wisata yang ditawarkan di sana. Kalian memang harus siap-siap menambah jadwal cuti di dekat long weekend, agar bisa lebih puas menikmati berbagai suguhan wisata alam, kuliner, serta tak ketinggalan wisata religi yang lumayan banyak jumlah tempatnya.

Untuk wisata alam saja, di kecamatan Karimunjawa terdapat beberapa titik seperti Kolam Hiu di Desa Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar, yang cocok untuk Kalian jika ingin menguji nyali untuk berenang di antara mereka. Ada pula Legon Lele, Bukit Love, Bukit Nyamplungan, Bukit Joko Tuo, Pantai Ujung Gelam, Pantai Nirwana, dan Pantai Batu Topeng yang semuanya berada di Desa Karimunjawa, Pulau Karimunjawa. Sedangkan di Desa Kemojan, Pulau Kemujan, Kalian bisa menikmati wisata Tracking Hutan Mangrove, Pantai Batu Karang Pengantin, dan Pantai Barakuda.

Nah, kalau yang satu ini memang jadi spot wajib jika Kalian bertkalianng ke Karimunjawa. Pulau Menjangan Kecil memang merupakan favorit para wisatawan yang punya hobi snorkeling atau diving. Airnya yang jernih biru kehijauan menyimpan berjuta pesona bawah laut berupa terumbu karang dan beragam ikan hias dengan warna-warni yang cantik. Awas, jangan nekat turun kalau tak bisa berenang, karena terumbu karang bisa melukai kaki Kalian, dan sebaliknya Kalian bisa merusak habitat mereka.



Urusan perut, Kalian tidak perlu khawatir karena di sana Kalian bisa menikmati berbagai macam suguhan makanan khas daerah yang terpusat di Karimunjava Culinary Centre, Desa Karimunjawa. Tak jauh dari pusat keramaian, tempat makan ini berada dekat dengan Alun-Alun Karimunjawa. Sedangkan kelezatan seafood bisa Kalian nikmati di pasar tradisional, atau Kalian bisa membeli dari para nelayan yang lewat membawa beragam ikan segar yang bisa segera dibakar dan dinikmati sambil memkalianng laut.

Untuk wisata religi, Karimunjawa menyimpan beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi, seperti Makam Sunan Nyamplungan, Makam Sayid Kambang, dan Makam Sayid Abdullah. Semua makam ini terletak di Desa Karimunjawa, Pulau Karimunjawa yang tidak susah ditempuh.

Memikirkan akomodasi selama di Karimunjawa? Tidak perlu dikhawatirkan juga, karena beberapa pulau sudah menyediakan penginapan dengan berbagai pilihan harga. Mulai dari resort mewah dengan harga yang tinggi, penginapan dengan tarif murah, hingga rumah-rumah penduduk setempat yang disewakan dengan harga lebih murah, semua ada. Kalian tinggal pilih saja sesuai kemampuan kantong dan tentunya kenyamanan.

Untuk bisa sampai ke Karimunjawa, sebenarnya ada tiga alternatif. Bisa menggunakan speedboat atau kapal biasa dari Jepara, lewat Pelabuhan Kartini dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Atau bisa juga jika Kalian ingin berangkat dari Semarang dengan menggunakan speedboat lewat Pelabuhan Tanjung Emas dengan waktu tempuh sekitar 4-6 jam.

Dengan merencanakan liburan dengan baik, maka liburan Kalian akan lebih bermutu, berkesan dan tentu saja bisa menghilangkan stress. Bagi Kalian yang mungkin tidak punya waktu untuk merencanakan liburan, namun ingin berlibur ke Karimunjawa, silahkan cek Ransel Karimun Jawa Tour. Kalian bisa memilih berbagai macam paket wisata yang bisa kalian sesuaikan. Selain punya banyak pilihan, pastinya tidak akan menguras kantong karena paket-paket wisatanya ditawarkan dengan harga terjangkau. So, tunggu apa lagi?


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Followers

Contact Form