Goresan Alam

Negeri Sejuta Senja

12/11/2014Pradikta Kusuma


Pernah aku membayangkan sebuah tempat dimana tak ada malam, tak ada siang, yang pasti tak ada perpindahan waktu dan cahaya. Yang ada hanyalah langit dengan perpaduan warna jingga, merah, hitam dan sedikit biru. Inilah spektrum warna dari sebuah senja. Semua tampak siluet siluet indah diantara temaram cahaya. Yaa… inilah cerita dari negeri sejuta senja.

Momen yang hanya berlangsung beberapa menit tetapi menyimpan sebuah momen yang lebih dari waktu waktu yang berlalu dalam sehari. Disinilah aku bisa menemukan sudut waktu untuk menemukan kedamaian. Spektrum warna ajaib muncul diantara rekah sang surya yang mulai tenggelam. Semua bentuk benda di semesta ini pun perlahan lahan berubah temaram mengikuti alur tenggelamnya sang surya hingga semuanya berubah menjadi siluet siluet menakjubkan.  



Di setiap sudut negeri ini aku bisa menikmati senja dengan berbagai keindahan yang ditawarkan oleh masing masing tempat. Di atas ketinggian, di bibir pantai ataupun di pekarangan rumah senja selalu menawarkan keindahannya untuk dapat kita nikmati. Jujur saja aku bahkan tak pernah terlewat mengabadikan momen senja ini entah dalam bentuk gambar, video ataupun timelapse. 

Senja Di Pulau Perak

Saat yang aku tunggu akhirnya datang juga. Sebuah momen yang aku tunggu sampai mengusik pikiranku sehari ini. Aku berlari lari kecil di tepian dermaga Pulau Perak di kepulauan seribu untuk menyambut senja. Tampaknya senja kali ini lebih indah dari senja kemarin hari seperti perasaanku saat ini yang lebih riang. Dan benar saja senja tampak indah berpadu dengan gugusan pulau pulau di tengah samudera. Angin lembut dan riak air di tepian pantai menambah suasana mistis dari sang senja.

Senja Di Pulau Sebesi
Perpaduan Cahaya Yang Indah

Berpaling di kepulauan lain. Kali ini aku cukup beruntung menikmati senja di Pulau Sebesi kepulauan Krakatau. Sang Surya tampak tenggelam ke lautan yang menjadi batas horisonnya. Bulat dan jingga sang surya seakan berpamitan kepada kita diantara senja kala itu.

Sore itu ketika aku masih terus merayap di lereng Gunung Pangrango tiba tiba senja menyapaku di balik hutan yang mulai menjadi suram. Spektrum warna ajaib hadir menghilangkan rasa lelahku setelah sehari penuh berjalan. Tampak gunung gede dengan bibir kaldera yang menganga menambah anggun suasana senja kala itu.

Gunung Gede Menyapa Diantara Senja

Di waktu dan tempat yang berbeda aku kembali berjalan di tengah senja jalur pendakian Gunung Gede via Selabintana. Sekali lagi senja menyapaku, dia tidak lama muncul namun sangat berkesan hingga esok dia menyapaku kembali. Tampak gunung salak di kejauhan berpadu dengan tenggelamnya sang surya menembus awan awan.

Spektrum Warna Yang Menakjubkan

Dan ada satu tempat di negeri dimana aku tidak bisa melupakan momen tentang senja. Di pulau Lombok tepatnya di Pelawangan Sembalun, entah untuk yang kesekian kalinya aku menikmati senja. Senja yang temaram berpadu dengan medah kaldera Gunung Rinjani. Perpaduan yang sempurna untuk menciptakan suatu momen yang tak bisa aku lupakan hingga detik ini.

Senja Dari Plawangan Sembalun

Dimanapun dan kapanpun setiap aku menemui senja pasti yang ada hanyalah perasaan damai. Kedamaian yang dapat menghilangkan rasa penat sebelum senja ini datang. Seperti hadiah untukku yang telah melewati hari dengan segala cerita yang ada. Aku bahagia bisa berada di negeri sejuta senja yang sangat indah ini, terima kasih senja.


You Might Also Like

10 komentar

  1. very nice picture. senja di kaldera gunung Rinjani...perpaduan warna yang anggun 'peace'.

    ReplyDelete
  2. Senja yg selalu ku rindu untukkembali ke peraduan #eeap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku menunggu untuk mas selalu mampir di blog ini, hehe

      Delete
  3. Halo salam kenal, suka dengan gaya tulisannnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak :).. monggo di baca2

      Delete
  4. Kalo blog kak pradikta di jadiin novel kayanya seru kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak kalo di jadiin komik berseri XD

      Delete
    2. Hehee iyaa kak. Pastii bakalan lucuu seruu juga. Di tunggu dehh kak klo kka bikin. Tp sya brharap kka bikin hehe amin :)

      Delete
    3. Oke ditunggu komik naik gunungnya XD

      Delete

Google+ Followers

Followers

Contact Form