Mountaineering

Gunung Kelud

4/23/2013Pradikta Kusuma




Gunung Kelud yang berada di wilayah Kediri dan Blitar ini memiliki ketinggian 1731 mdpl. Gunung yang sempat diperebutkan kepemilikannya antara 2 kabupaten tersebut kini telah menjadi destinasi wisata yang cukup menarik khususnya di daerah Jawa Timur. Gunung yang berpredikat paling mematikan di Jawa, dalam catatan sejarah telah menewaskan 5000 orang lebih ini memiliki beberapa destinasi menarik di dalamnya akan diulas dalam catatan perjalanan kali ini.

Transportasi
Surabaya – Jombang – Kediri – Wates

Estimasi Biaya
---Tentatif--- dikarenakan penulis melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jarak Tempuh dari kota Surabaya dengan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 4 – 5 jam.

Perijinan
Tidak ada perijinan khusus jika kita ingin berkunjung ke Gunung Kelud, dikarenakan gunung ini telah disulap menjadi tempat destinasi wisata yang menarik dan dapat dikunjungi siapapun juga. Tidak perlu skill pendakian khusus untuk menyapa keindahannya. Pengunjung akan ditarik retribusi tiket sesuai yang telah ditentukan di gerbang pos masuk kawasan wisata Gunung Kelud.

Gerbang Masuk

Catatan Perjalanan
Menempuh perjalanan menyusuri jalanan dari kota Surabaya selama 5 jam. Akhirnya kami sampai di kaki Gunung Kelud. Jalan yang tersedia cukup lebar dan beraspal mulus. Jalan pun naik turun berkelak kelok dengan jurang jurang yang siap menerima kehadiran kita jika kita tidak waspada dan berhati hati.

--- Mysterious Road ---

Inilah salah satu keunikan dari Gunung Kelud, adanya Jalan misteri. Untuk mengetahui tempat ini cukup gampang dikenali karena di pinggir jalan telah terpampang spanduk  Mysterious Road, ini adalah sebuah tempat yang memiliki keunikan karena gravitasinya. Jika anda ingin membuktikannya, pastikan bahwa keadaan cukup sepi dan aman dari kendaraan lainnya, kemudian matikan kendaraan anda dengan porseneling netral (nol). Kemudian rasakan kendaraan anda akan bergerak sendiri tanpa bantuan mesin walaupun keadaan jalan menanjak.

Mysterious Road 

Melanjutkan perjalanan kembali kita akan jalanan akan semakin naik turun dengan kelokan kelokan tajam, disini keahlian kita dalam berkendara akan cukup diuji. Tampak dari jauh dinding kaldera Gunung Kelud tampak gagah menyapa kedatangan kita.

Kaldera Kelud


Sampai di Parkir Kawasan Gunung Kelud tak membuang waktu kita segera berjalan menuju puncak kaldera. Dalam perjalanan kita akan melewati sebuah terowongan panjang yang menembus dinding kaldera. Terowongan ini dibangun pada jaman Belanda untuk membuang air dari dalam kawah gunung kelud. Banyak terowongan buatan belanda di dalam kaldera kelud ini sampai sekarang pun masih berfungsi sama.


Terowongan

Selepas terowongan kita akan langsung di hadapan kawah kelud, tetapi pada saat ini kawah telah menghilang dan berganti dengan anak gunung kelud yang muncul di tengah tengah kawah. Fenomena ini muncul pada tahun 2007 saat Gunung Kelud meletus terakhir kalinya.



Sebelum Letusan Tahun 2007 (Blogspotblitar)

Setelah Letusan Tahun 2007

Pengunjung dapat menikmati anak gunung kelud dari dekat ataupun bisa menaiki ratusan anak tangga yang akan mengantarkan ke puncak kaldera Gunung Kelud. 

Anak tangga

Anak Gunung Kelud

Sisa Kawah Kelud




You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Followers

Contact Form